improve your english

Get better to speak english

Banyak masalah yang kita jumpai di saat-saat sma , mulai dari tugas rumah yang menumpuk dan ketidak pahaman masalah pelajaran yang kita pelajari.Salah satu hal yang membuat kita jenuh adalah mengenai pelajaran bahasa inggris. Bayangkan saja rata-rata kita telah belajar bahasa Inggris mulai dari kelas 4 sd hingga sma, namun kenapa kita merasa begitu sulit dalam merangkai kata secara lisan menggunakan bahasa internasional itu. Kebanyakn orang memiliki kemampuan yang lumayan untuk aspek writting and listening, tetapi untuk reading masih terpaut dengan logat daerah, dan yang paling banyak kesalahan berada di aspek speaking. Beberapa kesalahan dalam speaking misalnya, menyebutkan kalimat dalam bahasa inggris dengan pronunciation yang salah , serta grammar yang tidak tepat dalam menyebutkan kalimat.Tulisan ini ditulis berdasarkan pengalaman empiris penulis.Penulis yakin untuk ujian tertulis banyak yang mampu mendapatkan nilai 8-10,karena sifat ujiannya tertulis.Tetapi spontanitas berbicara lisan dalam berbahasa inggris masih butuh latihan lebih banyak.Sekarang ayo belajar dari artikel ini.

Mengapa rasanya susah merangkai kata-kata secara lisan menggunakan bahasainggris?

Pertanyaan ini sangatlah kompleks.Rata-rata siswa mampu berbahasa inggris secara tertulis tatapi ketika mereka berbicara lisan mereka tidak dapat merangkai kata dengan spontan.Jika kamu demikian itu disebabkan karena kamu tidak paham mengenai tata bahasa sesuai formula yang ada.Misalnya kamu pasti tahu membuat rumus simple present tense, tapi pahamkah kamu kapan tenses itu dipakai?, apa saja tenses yang dapat bergandengan dengannya ?, seperti apa kata kerjanya?,seperti apakah bentuk verbal dan nominal sentence-nya?, sesering apa kamu menggunakan formulanya jika dalam bentuk passif voice?,sesering apakah kamu memperbanyak perbendaharaan katamu (vocabulary) ? Hal- hal inilah yang perlu dikaji ulang,karena masalah seperti ini tidak sering dibahas dalam ujian sehingga terabaikan oleh banyak pelajar.Mari kita teliti maksud daripoin-poin yang telah disebutkan diatas.

1.Kapan suatu tense dipakai?

Suatu tense tentunya mempunyai waktu penggunaan tertentu untuk dipakai sesuai dengan time expression atau adverb of time-nya.Misalnya tenses yang berbentuk present digunakan untuk masa sekarang atau masa datang, tenses dengan bentuk past, digunakan untuk kalimat dengan kondisi waktu silam.Sering kita temukan orang menyebutkan kalimat yang tidak sinergis dengan adverb of time-nya,misalnya: “i write a letter yesterday” kalimat tersebut salah satu kesalah dalam bahasa inggris.Sebaiknya kita berpikir lebih dahulu sebelum mengucapkan sesuatu dalam bahasa inggris agar hasilnya sesuai dengan tata bahasa yang berlaku.Review sesering mungkin akan membuat kita memiliki kemampuan yang lebih baik.

2.Tenses yang dapat bergandengan ?

Jika kalian menyebutkan “math is the first task i did”, kalimat tersebut terdiri dari kalimat simple present tense dan past tense. Kalimat ini tentu saja tidak tepat, harusnya tobe is diganti dengan was, agar kalimat menjadi sinergis, seperti berikut “math was the first task i did”.kalimat semula menggabungkan bentuk present dengan past, yang benar adalah bentuk past dengan past atau present dengan present. Jika kita ubah kedalam bentuk present dan present maka kalimat seharusnya menjadi seperti ini “math is the first task i do”. Semoga kalian makin mengerti.

3.Seperti apa kata kerjanya ?

Perhatikan kata kerja pada kalimat anda. Saat berbicara lisan jangan lupa menempatkan bentuk kata kerja yang benar apakah bentuk v1, v2 atau v3. Mayoritas dalam berbahasa lisan orang – orang menggunakan v1 untuk setiap jenis tenses , yang penting lawan bicara dapat mengerti apa maksud dari kata-kata yang disampaikan. Prinsip yang demikian memang tidak terlalu dipermasalahkan oleh guru-guru kita untuk tahap pembelajaran, tetapi jika kita tidak mencoba memperbaiki sendiri, maka kesalahan itu akan tetap ada.

4.Bagaimana dengan bentuk passif ?

Kalimat passif dibutuhkan agar kalimat kita tidak kaku dalam berbahasa lisan.Lagi pula tidak mungkin kita berbicara hanya menggunakan kalimat actif form saja.Nah penguasaan kalimat passif akan membuat kalimat lisan kalian bertambah kreatif dan kedengaran lebih berkelas. Penulis secara pribadi merasa lebih banyak menggunakan kalimat passif dari pada active. Ayo coba pelajari kalimat passif untuk setiap jenis tense, dan rasakan sendiri seperti apa peningkatan kemampuanmu. Kalimat passif tidak sulit untuk di pelajari ,karena untuk setiap jenis tense dalam bentuk passif menggunakan v3, jadi lebih gampang kan , kita tak butuh waktu lama mikir tentang perubahan kata kerjanya.Yakinlah dengan memahami kalimat passif akan lebih mudah membuat lidah kalian mengucapkan kalimat yang bevariasi dalam bebicara lisan.

5.Seberapa banyak vocabulary mu?

Perbendaharaan kata yang banyak akan membuat kamu dengan mudah merangkai kata-kata dalam bahasa lisan. Dengan perbendaharaan kata yang banyak kalimat yang kita buat jug akan jauh lebih kreatif dan bermacam ragamnya. Satu –satunya cara untuk memperkaya perbendaharaan kata yaitu dengan banyak-banyak membaca text book dan menerjemahkan kalimat-kalimatnya. Segera buka kamus jika kamu menemukan kata baru yang belum pernah kamu temui. Misalnya kamu lagi nonton film , film itu judulnya secret weapon jika kamu belum tahu arti dari judul film tersebut ayo buru-buru buka kamus untuk menemukan artinya. Rasa penasaran yang tinggi dalam berburu vocabulary akan membuat kemampuan kalin lebih baik. Selamat berburu vocabulary ya.

Pastinya masih banyak faktor yang perlu kita perhatikan untuk dapat berbahasa inggris secara lisan tanpa menemukan banyak kendala. Latihan yang banyak mulai dari berbicara kepada diri sendiri didepan kaca akan sangat berdampak baik pada kemampuan kita masing-masing. Teruslah berlatih , karena seseorang akan menjadi ahli jika ia belatih lebih dari 1000 jam. Semoga tulisan ini dapat membuka wawasan kita semua utuk terus kritis dalam menerjemahkan permasalahan yang kita temui dalam kendala berbahasa inggris secara lisan.

Thank’s

penulis

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "improve your english"

Post a Comment